Belanjalah di RAStore

Belanjalah di RAStore
Murahnya sampai cocok dijual lagi

Ide Untuk Sukses dan Sukses Untuk Ide





Ide merupakan sesuatu yang sangat penting dalam proses kehidupan manusia. Ide dirancang oleh manusia dari hasil pemikirannya untuk menciptakan suatu karya. Tuhan memberikan manusia akal, untuk memikirkan sebuah ide. Dimana ide tersebut digunakan untuk memecahkan sebuah masalah, untuk membangun sesuatu. Tanpa sebuah ide, manusia tidak mungkin dapat kreatif. Dengan ide, manusia dapat melahirkan sesuatu yang bermanfaat bagi seluruh manusia. Salah satunya adalah dengan cara berbisnis. Ide yang kecil belum tentu menghasilkan sesuatu yang kecil. Ide kecil dapat menghasilkan sesuatu yang besar. Apalagi ide besar, malah dapat menghasilkan sesuatu yang lebih besar. Mungkin banyak orang yang berfikiran, bahwa untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses harus mempunyai ide yang besar. Dan menurut saya, anggapan itu salah besar. Ide kecil itu memang sederhana, tetapi dengan kesederhanaan itu membawa keberuntungan dalam meraih kesuksesan. Merubah sesuatu yang kecil menjadi yang besar. Orang yang kekurangan ekonomi, dengan idenya dapat menjadi kaya raya. Contohnya adalah tetangga saya, yang dulunya adalah seorang petani. Sekarang menjadi orang yang sukses. Tetangga saya memiliki bisnis yaitu membuat tikar. Yang bermula dari keisengannya membuat tikar, masyarakat tertarik dengan keuletan tikarnya. Sekarang tikar-tikarnya mulai merajalela di kabupaten Lamongan. Walaupun belum sampai ke seluruh Indonesia. Tetapi hanya dari berbakat membuat tikar, dan ide sederhanannya untuk menolong masyarakat agar memiliki alas duduk atau tidur dapat menghasilkan banyak uang dan bermanfaat bagi masyarakat. Banyak contoh-contoh lain yang lebih wah dari tetangga saya. Contoh sederhana dari Albert J. Farkhouse, yang membuat hanger atau gantungan baju. Berawal dari masalahnya di tempat kerjanya di pabrik kawat, ia kehabisan gantungan jaket. Kemudian, ia memiliki ide yang sangat sederhana yaitu membuat hanger atau gantungan baju dari kawat. Sekarang siapa yang tidak membutuhkan gantungan baju tersebut? Nah itu bukti bahwa masalah kecil dapat menjadi ide sukses yang sangat luar biasa.
Dalam UKM WE&T (Workhsop of Entrepreneurship & Technology) di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), di sana saya memulai belajar berbisnis, agar menjadi pemuda yang sukses berwirausaha. Di sana mulai menanamkan ide sederhana, dan mengembangkannya menjadi suatu usaha yang bermanfaat bagi diri sendir dan orang lain. Di sana, bukan hanya diberi teori saja namun juga prakteknya. Buktinya, kemarin pada hari Minggu tanggal 12 Oktober 2014, anggota UKM WE&T ITS berkunjung di Taman Bungkul Surabaya. Di sana kami mulai belajar untuk berbisnis dengan cara berdagang. Sebelumnya, kami sudah dibagi menjadi beberapa kelompok. Dan saya bergabung di kelompok 9. Kami diberi modal sebesar Rp. 50.000 untuk memulai bisnis, dengan syarat modal itu harus kembali. Dengan segala ide-ide sederhana yang disatukan oleh teman-teman kelompok saya, akhirnya kami memutuskan untuk membeli nasi bungkus dan menjualnya kembali. Selain nasi bungkus, kami juga bekerjasama dengan ibu-ibu penjual es teh untuk dijual kembali. Kami bekerja sama dengan kompak. Pada akhirnya kami berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp. 74.000. Kami mendapatkan pengalaman yang baru, bagaimana rasanya ditolak oleh banyak pelanggan. Jadi, dengan ide-ide yang sangat sederhana ini, kami dapat menjalankan bisnis yang sederhana pula. Tetapi ini adalah awal dari menjalankan bisnis. Tetapi, ide jangan sembarang ide. Ide itu harus diolah terlebih dahulu, hingga matang. Dipikirkan yang matang, kemudian dijalankan. Agar bisnis tersebut dapat berjalan sesuai yang direncanakan. Dan jangan takut jika mengalami kerugian, harus berani mengambil resiko. Ide juga perlu dievaluasi. Dalam mengevaluasi ide, perlu memikirkan semua resiko yang akan terjadi di suatu saat nanti. Bagaimana modalnya, bagaimana persaingannya, dan bagaimana teknisnya. Semua itu harus dipikirkan sebelum merealisasikan ide. Nah, di UKM WE&T ITS, saya berharap akan menerima materi tentang berbisnis yang benar.
Ide itu sangat berharga. Dengan memunculkan satu ide saja, maka kita memiliki kesempatan untuk berjalan menuju kesuksesan. Ide positif loh ya. Ide itu modal awal menuju kesuksesan. Dan jika kita sukses maka kita dapat memunculkan ide baru lagi, untuk mengembangkan usaha yang sudah kita jalani agar berkembang dan menjadi lebih baik lagi. Contohnya, jika kita memiliki bisnis makanan. Ice cream misalnya. Nah, kita bisa memunculkan ide yang lain untuk menambah rasa-rasa dan inovasi yang baru agar produk kita bisa menarik banyak pelanggan. Tentunya dengan modal uang kita hasil bisnis sebelumnya. So, jika kalian sudah memiliki ide, jangan lupa dicatat. Jangan hanya diingat, karena mudah lupa. Hilang diterpa angin. Semangat berwirausaha :)

Nama                    : Rena Astry Pertiwi
Jurusan                  : D3 Teknik Elektro

NRP                      : 2214039028

0 comments:

Post a Comment