Ide Untuk Sukses dan Sukses Untuk Ide





Ide merupakan sesuatu yang sangat penting dalam proses kehidupan manusia. Ide dirancang oleh manusia dari hasil pemikirannya untuk menciptakan suatu karya. Tuhan memberikan manusia akal, untuk memikirkan sebuah ide. Dimana ide tersebut digunakan untuk memecahkan sebuah masalah, untuk membangun sesuatu. Tanpa sebuah ide, manusia tidak mungkin dapat kreatif. Dengan ide, manusia dapat melahirkan sesuatu yang bermanfaat bagi seluruh manusia. Salah satunya adalah dengan cara berbisnis. Ide yang kecil belum tentu menghasilkan sesuatu yang kecil. Ide kecil dapat menghasilkan sesuatu yang besar. Apalagi ide besar, malah dapat menghasilkan sesuatu yang lebih besar. Mungkin banyak orang yang berfikiran, bahwa untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses harus mempunyai ide yang besar. Dan menurut saya, anggapan itu salah besar. Ide kecil itu memang sederhana, tetapi dengan kesederhanaan itu membawa keberuntungan dalam meraih kesuksesan. Merubah sesuatu yang kecil menjadi yang besar. Orang yang kekurangan ekonomi, dengan idenya dapat menjadi kaya raya. Contohnya adalah tetangga saya, yang dulunya adalah seorang petani. Sekarang menjadi orang yang sukses. Tetangga saya memiliki bisnis yaitu membuat tikar. Yang bermula dari keisengannya membuat tikar, masyarakat tertarik dengan keuletan tikarnya. Sekarang tikar-tikarnya mulai merajalela di kabupaten Lamongan. Walaupun belum sampai ke seluruh Indonesia. Tetapi hanya dari berbakat membuat tikar, dan ide sederhanannya untuk menolong masyarakat agar memiliki alas duduk atau tidur dapat menghasilkan banyak uang dan bermanfaat bagi masyarakat. Banyak contoh-contoh lain yang lebih wah dari tetangga saya. Contoh sederhana dari Albert J. Farkhouse, yang membuat hanger atau gantungan baju. Berawal dari masalahnya di tempat kerjanya di pabrik kawat, ia kehabisan gantungan jaket. Kemudian, ia memiliki ide yang sangat sederhana yaitu membuat hanger atau gantungan baju dari kawat. Sekarang siapa yang tidak membutuhkan gantungan baju tersebut? Nah itu bukti bahwa masalah kecil dapat menjadi ide sukses yang sangat luar biasa.
Dalam UKM WE&T (Workhsop of Entrepreneurship & Technology) di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), di sana saya memulai belajar berbisnis, agar menjadi pemuda yang sukses berwirausaha. Di sana mulai menanamkan ide sederhana, dan mengembangkannya menjadi suatu usaha yang bermanfaat bagi diri sendir dan orang lain. Di sana, bukan hanya diberi teori saja namun juga prakteknya. Buktinya, kemarin pada hari Minggu tanggal 12 Oktober 2014, anggota UKM WE&T ITS berkunjung di Taman Bungkul Surabaya. Di sana kami mulai belajar untuk berbisnis dengan cara berdagang. Sebelumnya, kami sudah dibagi menjadi beberapa kelompok. Dan saya bergabung di kelompok 9. Kami diberi modal sebesar Rp. 50.000 untuk memulai bisnis, dengan syarat modal itu harus kembali. Dengan segala ide-ide sederhana yang disatukan oleh teman-teman kelompok saya, akhirnya kami memutuskan untuk membeli nasi bungkus dan menjualnya kembali. Selain nasi bungkus, kami juga bekerjasama dengan ibu-ibu penjual es teh untuk dijual kembali. Kami bekerja sama dengan kompak. Pada akhirnya kami berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp. 74.000. Kami mendapatkan pengalaman yang baru, bagaimana rasanya ditolak oleh banyak pelanggan. Jadi, dengan ide-ide yang sangat sederhana ini, kami dapat menjalankan bisnis yang sederhana pula. Tetapi ini adalah awal dari menjalankan bisnis. Tetapi, ide jangan sembarang ide. Ide itu harus diolah terlebih dahulu, hingga matang. Dipikirkan yang matang, kemudian dijalankan. Agar bisnis tersebut dapat berjalan sesuai yang direncanakan. Dan jangan takut jika mengalami kerugian, harus berani mengambil resiko. Ide juga perlu dievaluasi. Dalam mengevaluasi ide, perlu memikirkan semua resiko yang akan terjadi di suatu saat nanti. Bagaimana modalnya, bagaimana persaingannya, dan bagaimana teknisnya. Semua itu harus dipikirkan sebelum merealisasikan ide. Nah, di UKM WE&T ITS, saya berharap akan menerima materi tentang berbisnis yang benar.
Ide itu sangat berharga. Dengan memunculkan satu ide saja, maka kita memiliki kesempatan untuk berjalan menuju kesuksesan. Ide positif loh ya. Ide itu modal awal menuju kesuksesan. Dan jika kita sukses maka kita dapat memunculkan ide baru lagi, untuk mengembangkan usaha yang sudah kita jalani agar berkembang dan menjadi lebih baik lagi. Contohnya, jika kita memiliki bisnis makanan. Ice cream misalnya. Nah, kita bisa memunculkan ide yang lain untuk menambah rasa-rasa dan inovasi yang baru agar produk kita bisa menarik banyak pelanggan. Tentunya dengan modal uang kita hasil bisnis sebelumnya. So, jika kalian sudah memiliki ide, jangan lupa dicatat. Jangan hanya diingat, karena mudah lupa. Hilang diterpa angin. Semangat berwirausaha :)

Nama                    : Rena Astry Pertiwi
Jurusan                  : D3 Teknik Elektro

NRP                      : 2214039028

Perjuangan Masuk PTN Part 2



7. Diploma III ITS - PLN
Disini itu, baanyaakk sekali tahapnya. Tahapnya ada tes tulis, psikotes, tes kesehatan I, tes kesehatan II, dan tes wawancara. Cumann, di sini gue cuman bertahan di tahap psikotes. Tes tulisnya mudah, cuman Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris. Terus psikotesnya juga banyak dan melelahkan. Apalagi saat itu gue gak sahur. Telat bangunnya woy. Jadi lemes pas ngerjain psikotesnya. Banyak soalnya. Lupa deh apa ajah. Seingetku aja ya. Tes kemampuan menggambar (Disuruh gambar orang sama pohon), wartegg test, pauli, Papi test, tes kode ingatan, pokoknya yang begono-begono deh. Jangan lupa bawa pensil HB sama 2B. Kalau gak punya, harus pinjem. Wajib pokoknya.
Oiy, tesnya di ITS. Kalau yang psikotes di ruang SAC. Dibagi menjadi 2 gelombang. 
Oiy, gue gagal. Huuuuu. Parah. 

8. UTUL UGM Gel. I
Hidup UGM. Hidup UGM. UGM membuka Ujian tulis mandiri. Pelaksanaannya bareng dengan SIMAK UI. Jadi, aku harus memilih salah satu. Yups, aku memilih UGM. Kenapa? Karena ujiannya tidak diselenggarakan di Surabaya. Jadi aku berangkat ke Jogja. Hohoho. Bosen sama Surabaya. hehehe.
Di sini aku memilih Teknik nuklir, teknik geodesi, dan kedokteran hewan. Sebenarnya tidak ada yang aku minati sih. Tapi ini udah rencana aku dengan orangtuaku. Aku pikir ini yang terbaik. Oke bismillah.
Aku berangkat dari rumah jam 9 malam menuju terminal bungurasih Surabaya dengan ayah, kakak, dan adikku. Tapi aku ke jogjanya dengan kakakku, Ryan. Dia semester 7 di Stikom Surabaya. Dan inilah pertama kali aku pergi ke Jogja. Suwer pertama kalinya. Aku menginap di sebuah pondok pesantren, khusus tamu. Jadi, gratis. Daripada di hotel kan bayar. Hehe. Suasana Jogya begitu nyaman. Aku betahhh banget di sana. Orang-orangnya ramah. Di sana nyampeknya pagi. Sholat, makan, istirahat. Dan sorenya aku cek lokasi ujian dengan jalan kaki. Jarak pondok ke UGM sekitar 2 km. Huu setelah muter-muter nemu juga Fisipol nya. Ugm luas banget, lelah rasanya. Gak kuat balik nih. Becak mana becak? Eh ada pak becaknya. Berapa bang kalau turun pasar Demangan? 30.000 dek. Mahal banget pak, pasnya berapa, 25000 ya pak? Boleh deh dek. Saat itu cuman ada duit 23.500. Yaudah sama bapaknya diterima, terus dianterin deh. Hahaha (Kenapa malah bahas tukang becak sih?)
Oke fix, besoknya berangkat pagi-pagi. Mencoba jalan kaki. Yah, malah kesasar. Udah telat nih. Nemu pak becak lagi. Berapa pak ke Fisipol Ugm? 40.000 dek. 25.000 deh pak!!. 35.000, ayo jalan. Yaudah pak, nih 30.000. Wah gak bisa dek. Udahlah pak ayo. Gak bisa dek, jauh. Oke deh pakk. (Yah, cerita becak lagi)
Pada intinya, aku nyampek sana dengan ngos-ngosan. Disana malah belum masuk. Huuu. Nungguin dulu pengawasnya. Plok plok, pengawasnya datang. Masuk, ngerjain Saintek. Waduhh perut mules, peserta samping gue ada yang ke toilet tuh, cowok. Tapi gak ada nyali buat keluar. Gue tahan ampek jam istirahat. Terus gue buru-buru ke toilet. Yah antri. Ganti toilet sebelah, yah antri lagi. So, nungguin terus dapet giliran. Masuk, keluarin semua. (Jorok nih).
Oke kembali ngerjain soal berikutnya, TKDU dan TPA. Jujur, gue yang bahasa inggris, nyontek. Gak banyak kok. Cuman beberapa :D
Selesai, sholat, dan makan. Main ke indomaret point dulu, wifian gratis. Besoknya ke malioboro trus pulang.
Gimana hasilnya? Ya ituu, gagal. Nyesek banget. Nangis deh gue. Gue anak apaan coba. :'(

9. D3 Reguler dan Kerjasama Disnaker ITS
ITS lagi, ITS lagi. Apa bedanya reguler sama kerjasama disnaker? Kalau kerjasama disnaker itu cuman ada 2 prodi, yaitu teknik elektro industri, sama teknik mesin industri. Jadi, dijamin langsung kerja. Katanya sebelum lulus udah banyak yang nyari. Daya tampungya 50. Lebih sedikit daripada yang reguler. Kalau yang reguler itu lumayan banyak sih. 100an lebih. Nah aku milih D3 Teknik elektro kerjasama, D3 Teknik mesin kerjasama, dan D3 Statistika. Materi tesnya Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris. Disini aku cukup down karena mengalami banyak kegagalan. Gak terlalu serius belajar, karena pikiran masih stres. Stres gagal mulu. Setelah ikut tes, soalnya emang ada gampang gampang susah. Disini aku ngerjainnya gak ngawur kok, nggak kayak kemaren2. Dan hasilnya alhamdulillah, gue keterima di pilihan pertama yaitu Teknik elektro Industri, iya yang kerjasama disnaker. Seneng-seneng sedih. Karena teknik elektro nggak terlalu nempel di hati gue. Padahal sebenarnya pengen yang di statistika. Soalnya aku suka pelajaran matematika. Yaudah jalani aja, toh belum daftar ulang. Masih ada tes lagi. Alhamdulillah sudah mengantongi satu. :)

10. UM Undip
Lokasinya di SMA Takmiriah Surabaya. Gede dan bagus. Sebenarnya lokasinya juga ada di Undipnya sendiri. Tapi gak mau ngerepotin ortu. Ya di Surabaya aja. Walaupun itu juga masih ngerepotin. Suwer, gue dianterin sama satu keluarga. Huu sedih gue. Berlinang-linang mata gue saat itu. Gue diberi semangat setelah melakukan kegagalan beberapa kali. Semangat dan doa udah merasuk ke hati gue. Saatnya gue berperang. Waduhh soalnya kok begini-begini. Gue melirik ke kanan kiri, kok pada penuh semua sih LJKnya. Nah LJK ku kok dikit. Oke pake jurus raba-raba alias ngawur dan semoga beruntung. Tapi gue gak beruntung disiniiii. Ahhhh. Saat itu gue lihat pengumumannya di Jogja. Loh kok di Jogja? Entar gue ceritain di nomor 12.

11. UMBPTN
Ini adalah kesempatan terakhir buat masuk Perguruan tinggi/swasta melalui ujian bersama. Ya mirip kayak SBMPTN lah. Tapi di sini daya tampungnya kecil cuman 10%. Tapi gak semua PTN ada di sini, cuman beberapa. Gue disini daftar paling pertama diantara yang lain. Yaitu nomor 00001. Yah tentu ada nomor depannya, tapi lupa. Dan di sini gawat gawat yang gue ambil prodinya. Bukan gue sih. Tapi orangtua gue. Ada 5 pilihan yang diambil ayah gue. 1.Pendidikan dokter UNS 2.Pendidikan dokter Unsoed 3.Farmasi UNS 4.Farmasi Unsoed 5.D3 Farmasi UNS. Wahhhh, dan itu daya tampungnya bisa diitung pake jari tangan. Cuman 9 10 an. Gue telat datengnya. Belum sempat sarapan. Jadi pas istirhat makan roti sama susu. Dan di sini gue kebelet BAB. Tapi gak sempet gue keluarin, karena males dan emang gak terlalu kebelet juga sih. Soalnya gimana? Wah mudah banget. Pake logika penalaran kebanyakan. Lumayan ngisi banyak. Gue lirik di sebelah gue kok banyak juga. Emang soalnya mudah-mudah. Tapi persaingannya susah woyy. Dan akhirnya setelah tanggal pengumumannya, di sana gue gagal lagii. Sorry my parents, i can not make you happy. :(

12. UTUL UGM Gel. II
Ini adalah perjuangan gue yang terakhir untuk tahun ini. Dan di sini gue yakinnn banget bisa masukkk. Optimis berhasil lah. Saat itu hampir bebarengan sama kakak gue, Rio yang mau daftar ulang di UGM. Iya, kakak gue masuk Ilmu Hukum UGM lewat SBMPTN tahun ini. Dan gue tidak. Mas Rio sebelumnya juga kuliah Ilmu hukum di Unpar setahun. Karena masuk UGM ya ditinggalin tuh Unpar. Jadi gue ke sana bareng Ayah, mas Rio, mas Ryan. Di mobil gue cewek sendiri. Pengumuman Undipnya pas kakakku daftar ulang di Jogja. Jadi gue liat pengumumannya di sana. Rencananya kalau keterima Undip, gue gak ikut deh Utul Ugm gel. II. Yah taulah, karena gue ditolak sama Undip, jadinya gue ikut Utul Vokasi UGM Gel. II. Ibuku sempat sms. "Nak, pulango, nggak usah ikut ujian lagi. Mungkin kodarmu sudah di ITS. Itu yang terbaik nak". Hemm, aku sedih bacanya dan sedikit kecewa. Aku sms balik "Nggak umi, ini perjuangan terakhir ku. Semoga aku keterima di sini". Bikin nangis kalau inget-inget itu. Gue berpikir positif di sini, bahwa aku bakal diterima. Ayah dan mas Rio udah pulang duluan karena ada sesuatu, aku di sini sama mas Ryan, di Jogja melanjutkan perjuanganku.
Esoknya jalan kaki ke sana sekitar 3 km. Karena tempat tes ku emang jauh. Gpp, sambil olahraga. Capek sih, karena gendong tas berat. Berat bukan karena berisi buku, karena berisi pakaian-pakaianku. Soalnya setelah tes selesai, gue langsung balik ke Lamongan. Tesnya sama seperti Utul UGM Gel. II. Lebih mudah soalnya. Aku ngisi lumayan banyak, emang mudah kok. Dan aku yakin banget bisa lolos. Dingin banget di ruangannya, AC nya emang gede banget, gak ada remotnya. Jadi banyak tuh yang keluar masuk karena kebelet pipis. Tapi untungnya aku enggak, hehe.
Prodi yang diambil cuman 2, yaitu D4 Teknologi Jaringan, dan D3 Komputer dan Sistem Informasi. Ini prodi pilihanku sendiri. Gue emang minat sama berbau komputer. Jadi ini yang gue pilih. Daya tampungnya sih kayaknya sedikit, karena ini ujian masuk terakhir di UGM.
Hemm.. Tapi aku masih optimis.
Setelah selesai, sholat, makan bakwan, terus pulang nyari bis buat ke terminal giwangan. Pengen naik trans jogja, tapi antri banyak. Jadi ya naik bis biasa. Sampek giwangan, nyari bus Eka cepat jurusan Surabaya.
Gue turun di terminal bungurasih Surabaya sekitar jam 1. Terus cari bis lagi jurusan Semarang, dan turun di Sukodadi sekitar jam 3. Dijemput sama Ayah dan mas Rio. Raut wajah mereka terlihat masih kusut, dan ngantuk. Maafin aku ayah, aku egois :'(. Aku selalu merepotkan kalian. :(
Deg, deg, deg liat hasil pengumuman. Tanggal 12 Agustus 2014. Bersamaan dengan pengumuman UGM dan Daftar ulang di ITS. Kalau aku keterima di UGM aku tinggalkan ITS. Sekitar subuh jam 4, aku dibangunin ayahku. Ayah mengatakan bahwa aku gak lolos UGM. Huaaa, air mataku berlinang-linang. Aku menangis memeluk guling. Deras.
Daann, aku ke ITS untuk daftar ulang diantar ayah dan mas Ryan hari itu juga. Kurang semangat, tapi harus terlihat semangat.

Mungkin ITS adalah jalan terbaikku. Aku akan membuktikan kepada Ayah dan Ibuku, bahwa aku bisa. Aku akan membanggakan kalian :)

Cukup singkat ceritaku. Maaf, kalau ada kata-kata yang gak bisa dipahami. Karena tulisanku emang acak-acakan. Semoga bisa memotivasi buat kalian yang pengen berjuang masuk PTN.
Sebenarnya aku ingin berjuang lagi tahun depan 2015, SBMPTN saja, gak lain-lain. Tapi nggak tau juga, aku takut merepotkan ortuku lagi. Aku akan mencoba sholat istikoroh dulu. Menurut kalian gimana?

Lihat berapa banyak biaya yang udah dikeluarin sama Ayah tercintaku


Udah dulu ya, capek nih. Hehe :)
Makasih yang udah baca. Please write your comment.

Perjuangan Masuk PTN Part 1

http://cdn-media.viva.co.id/thumbs2/2013/06/04/36858-0_663_382.jpg 

Hai kalian semua. Thanks udah mampir ke blog gue. Eh, by the way kalian ngapain ya masuk ke blog gue. Nemuin judul blog yang kagak jelas ini. hehe.
Aku mau curhat nih, hix hix hix :'( . Kalian pasti mau kan dengerin cerita gue. Bukan dengerin juga sih namanya. -_- . Ah tau ah. Gue gak bisa nulis yang bagus kayak gimana. Gue disini bukan mau nulis, tapi pengen cerita tentang kegagalan-kegagalan gue, dan kesuksesan gue tentang masuk PTN. Yang jelas kalian mampir ke blog ini, tentunya mau ngebaca tentang kisah perjuangan gue. Iya bener ngebaca, bukan ngedengerin. Yeeeee
Sorry lebay.

Jadi gini. Bla... bla.. bla.... Paham kan?
Apaan sih, gak jelas. SERIUS dong ren.
Oh iya. Belum kenalan. Pakek kenalan gak sih? Yang pengen kenalan ke sini
(yang kenalan, pasti tau gue sekarang ngampus dimana), yang gak pengen ya, tetep di sini aja. Ngelanjutin bacanya.
Beres kan??

Gak usah basah-basah deh, eh maksudnya basa-basi. Langsung saja. Gue urutin perjuangan-perjuangan gue. Singkat aja yah.

1. SNMPTN Jalur Undangan
Pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan ini, pada tanggal 17 Februari - 31 Maret 2014. Lah, yang dinilai dari SNMPTN jalur undangan ini adalah 60% nilai rapot, dan 40% nilai Ujian Nasional. Dari kelas X-XII, lumayan masuk peringkat 3 besar di kelas (bukan paralel lo ya). Nilai Ujian Nasional, bisa dibilang jelek yaitu (kasih tau gak ya?) 48,10 (kasih tau deh akhirnya). Guru BK di SMA gue, termasuk aktif lah. Ngasih tau dan ngebantuin proses pendaftarannya. Di sini gue udah mulai bingung, harus milih prodi apa dan dimana. Orang tua gue, nyaranin gue untuk daftar di Kedokteran. Gue stress dong saat itu. Dengan nilai gue yang gak pantes daftar kesitu. So, akhirnya gue daftar sesuai pilihan gue sendiri dan Ortu. 
Apa itu? Pilihan pertama, Teknik multimedia dan jaringan ITS. Kedua, Teknik Mesin ITS (Ini ortu yang milihin). Ketiga, Teknobiomedik Unair. Gimana dengan hasilnya? Sebelumnya, aku pengen cerita sesuatu dulu.
Jadi gini, dari kelas 1 sampai kelas 2, aku didaftarin ortuku untuk ikut bimbel Primagama. Dan kelas 3 nya aku pindah ke Ganesha Operation. Bukan promosi sih atau pamer. Dan tentunya itu udah ngeluarin biaya banyak. (Udah sih, itu aja)
Lanjut. Tanggal 27 Mei diumumin hasilnya. Ya ituuu, Gue GAGAL coy. Rasanya sakit gak? Biasa ajah sih. Karena sebelumnya aku udah mimpi 2x kalau gue, gak lolos snmptn. Dan aku berfikir masih ada SBMPTN. Semangatt!!! \(´▽`)/

2. AMG (Akademi Meteorologi dan Geofisika)
Sebenarnya, penguguman AMG ini sebelum SNMPTN. 
Apa sih AMG itu? AMG itu sekolah kedinasan. Jadi free. Alias kuliah tanpa biaya. Gratis. Tanggal 9 Mei 2014, gue ikut Ujian dianter sama Ayah, dari Lamongan ke Surabaya naik mobil. Lupa gue di mana lokasi ujiannya. Hehe. Materinya sebenarnya mudah sih, TKD (Tes Kemampuan Dasar). Ngerjainnya pake komputer, nama kerennya CAT. Ada tes karakteristik kepribadian, Intelegensi Umum, dan Wawasan Kebangsaan. Disini udah langsung ngeliat hasilnya. Dan hasilnya ya ituu, GAGAL. Kenapa? Nilai gue kurang di wawasan kebangsaan. Maklum lah, anak IPA. Gue gak begitu suka sama pasal-pasal. Banyak pelajaran PKN. Udah terbukti kalau gue gak cinta negara. Huuu. Jadi jawabnya ngawur. Kecewa. ( ⌣ ́_ ⌣ ̀)

3. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)
Siapa sih yang gak pengen masuk STIS? Ya emang ada sih yang gak pengen. Oke ganti pertanyaan lagi. Siapa sih yang gak pengen kuliah gratis, terus dapet uang saku perbulannya 800ribu, terus jadi PNS dengan gaji gede? Wah, pasti banyak yang pengen tuh. Ya itulah STIS. Tapi masuknya susah banget. harus mengalahkan ratusan ribu pesaing di seluruh Indonesia. Gue daftar di sini. Tanggal Ujiannya tanggal 10 Mei, jadi setelah tes AMG. Gue nginep di rumah saudara gue di Surabaya. Lokasi ujiannya di Universitas Bhayangkara Surabaya. Disini aku ketemu banyak sama anak-anak GO. Gue semangat di sini. Persiapanku udah lumayan matang. Dengan bekal buku USM STIS 2014. Bukunya dibeliin sama ayahku di BPS Surabaya. Bangga banget punya ayah seperti ayahku ini. :). 
Tesnya lumayan mudah. Ada tes Matematika, pengetahuan umum, dan bahasa Inggris. Tapi yang susah bahasa inggrisnya. hehe. Aku lemah di bahasa Inggris. So? Gagal deh. -_-. Argh. Begitu bodohnya gue. Ngecewain banget. Oke rena. Aku masih berharap di SBMPTN.

4. Ujian Mandiri UA (Universitas Airlangga)
Di sini bisa dibilang ngeri. Kenapa ngeri? Karena aku didaftarin sama Ayah gue, Pilihan pertama Pendidikan dokter, dan yang kedua Farmasi. Hahhh. Jelas jelas gue udah pesimis banget. Lokasi ujiannnya di Unair Surabaya. Ke sana naik motor, tentu aja dianter sama ayah gue. Berangkatnya habis subuh. Di perjalanan, gue gila. Gila banget. Masak gue minta doa sama jin. Hah?? Iya, jadi setiap kali aku lewat makam, aku mengucap salam "Assalamualaikum yaahlalkubur". Terus aku berbisik "Jin, doain yah, aku mau tes nih". Gimana gak gila cobak. Aneh deh gue saat itu. Astagfirullahaladzim.
Lupain soal Jin. Setelah nyampek Unair, gue masuk di kampus B, tepatnya di Fakultas Ilmu Budaya. Gue perhatiin orang-orang disekitar gue, huu pada keren pakaiannya, dan tampang-tampangnya, dengan gaya orang kaya. Bukan kaya monyet lo ya. Tapi orang kaya, orang mampu. Iyalah, di sini kalau masuk lewat mandiri unair, bayar semesterannya gede. 
Pengawasnya udah masuk tuh. Gue dengan otak pas-pasan, memasuki ruangan. Soalnya TPA, Mtk, Fisika, Kimia, Biologi, dan Bahasa Inggris. Dan tidak boleh dibawa pulang soalnya. Soalnya susah banget. Tapi tidak ada pengurangan nilai. Dan waktunya cuman sedikit. Jadi, raba-raba deh ngerjainnya, asal ngejawab ajah, yang penting penuh. 
Gimana hasilnya? Ya ituu, Gagal. Hah, anak apaan gue ini, ngabisin duit orangtua aja.

5. SBMPTN Jalur Tulis
Jeng. Jeng. Jeng. Ini dia yang gue tunggu-tunggu. Rumit banget gue di sini. Tau gak sih, disini gue daftar SBMPTN sampai 3 kali. Jadi bayarnya juga 3 kali. Karena di sini, gue eyel2an sama orangtua gue. Orangtua gue, pengen gue jadi dokter. Sedangkan gue gak minat buat ke sana.
Pendaftaran pertama : 
1. Pendidikan dokter - Universitas Jember
2. Pendidikan dokter - Universitas Jenderal Soedirman
3. Teknik bioproses - Universitas Brawijaya
Pendaftaran Kedua : (Agak lupa, kurang lebih seperti ini)
1. Pendidikan dokter - Universitas Jember
2. Farmasi - Universitas Jenderal Soedirman
3. Teknik bioproses - Universitas Brawijaya
Pendaftaran Ketiga :
1. Teknobiomedik - Universitas Airlangga
2. Kedokteran hewan - Universitas Airlangga
3. Teknik bioproses - Universitas Brawijaya
Untuk memilihnya saja, aku sampek gak belajar. Bingung banget. Gak bisa tidur. STRES. Aku selalu mantengin passing grade GO. Lalu fix di pilihan ketiga. Gak tau ini salahku apa salah orangtuaku. Yang jelas, ini salahku.

Oke, oke. Aku berangkat ke Surabaya sama ayah. Cari kos-kosan buat sehari. Dan ayah nemu Home guest. Mirip hotel. Bayarnya mahal cuy. 165.000 buat semalem. Tapi fasilitas lengkap. Ada wifi, Tv, Ac, Kamar tidur nyaman, Kamar mandi good, Snack, makan, pokoknya enak buat sendirian. Iya sendirian. Jadi gue kesepian. No problem sih.
Besoknya gue berangkat ke SMAN 16 Surabaya jalan kaki. Hujan bro. Gue basah saat itu. Dan banyak anak yang telat. Pas istirahat, gue makan Sari Roti. Dan ketika udah habis setengah, baru gue lihat tanggal kadaluarsanya. Gue kaget ː̗̀(☉,☉)ː̖́ . Udah kadaluarsa temann. Tanggal kemaren kadaluarsanya. Huwaa. Jadi gak selera makan. Tapi tetep gue terusin sih. Laperrrr.
Lanjut gue kerjain soal-soalnya. Haa ada yang susah ada yang gampang. Gue kerjain dengan pede. Dan pulang sendirian naik bis. Dan itu pertama kali gue naik bis sendirian. Hiks hiks :'(
Dan hasilnya gimana renn??? GAGAL. 
Arghh,, ini sakit bangettt. Gue nangis semalaman. Gue anak apaan sih. Gak tau diri. Bodoh bangettt. Ngecewain orangtua mulu. Huwaaa, untung gue gak bunuh diri. Masak gue udah ikut bimbel setengah rajin setengah enggak, kagak lolos sihhh. Aaaaaaaaaaa.

6. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)
Ini juga sekolah kedinasan. Sama seperti AMG dan STIS. Sekolahnya pun Gratis, tis. Disini aku beli buku online. Harganya 50.000 + ongkir. Lagi-lagi minta duit ortu. Gue jarang belajar di sini. Gue hanya ngerjain soal prediksi doang. Karena saat itu, gue capek. Bimbel sampai malam. Jarak rumah ke bimbel sekitar 13 km. Jauh dan melelahkan. Jadi rada males. hehe.Tapi setelah bimbel udah selesai, aku mulai fokus belajar STAN. Tapi tetep aja males. Di rumah gak bisa belajar tenang. Gak setenang di tempat bimbel. Tapi mau gimana lagi, untuk ngebahagian orangtua, harus berjuang.
Saat itu, lokasinya di Asrama Haji Surabaya. Jarak rumah gue ke Surabaya itu sekitar 60kman lah. Saat itu udah bulan puasa. Jadi ujian pas puasa deh. Habis subuh langsung berangkat. Dianter ayah. Nyampek lokasi, kebelet BAB. Jadi, sebelum ujian BAB dulu deh. hehe. Tau kan BAB apaan??
Mudah sih soalnya. Ada TPA dan bahasa Inggris. Lemah di bahasa Inggris nih. Tapi aku pede ngejawabnya dan udah yakin sih. Ada nilai matinya lo disini. Jadi harus bener 1/3 nya. Waktunya juga cepet. Jadi, kalau gak bisa langsung beralih ke soal selanjutnya aja.
Kalau masalah lolos atau enggaknya. Jawabannya enggak lolos. Wah, Kacau hati guee. Bener-bener anak gak tau diri nih gue. Bodoh banget diriku. Huuu sakit.

Yang penasaran nunggu kisah selanjutnya =>
Yang gak penasaran, silahkan penasaran. :D

Kunci SBMPTN 2014

Saya ambil dari berbagai sumber. Silahkan dicocokkan barang kali kodenya sama. Check it out.

1. Versi SSC (Sony Sugema Collection)


TKD SAINTEK

TKPA
TKD SOSHUM 


2. Versi GO (Ganesha Operation)


TKD SAINTEK

TKPA
TKD SOSHUM

3. Versi Wangsit Education

TKD SAINTEK

KODE : 501, 502503 504511512513514521522523, 524531, 532533, 534,  541,542543544551, 552, 553, 554564,
 571,  576, 577, 578, 579, 586, 588, 589,  581, 582, 583, 584, 591, 592, 593, 594


TKPA

KODE : 601602603604641642643644614, 631, 663
 661, 676, 677, 678, 679, 686, 687, 688   681, 682, 683, 684, 691, 692, 693, 694

  
TKD SOSHUM
KODE : 701702704741713, 731, 734, 774, 791
 771, 776, 777, 778, 779, 786, 787, 788,  782, 784, 793, 794

Animasi Pertamaku



Peka aplikasi adobe flash pro

Daftar Kualifikasi Program Studi Saintek 2014





Untuk melihat daftar semua Perguruan Tinggi Negeri Se-Indonesia dapat didownload di Klik Disini

Penyakit Menurun Pada Manusia

1. Albino



Albino adalah sebutan bagi penderita Albinisim.  Albinism adalah suatu kelainan
 pigmentasi kulit bawaan, dikarenakan kurang atau tidak adanya pigmen melanin 
di dalam kulit. Keadaan tersebut bersifat genetik atau diwariskan.

Albino adalah murni penyakit kelainan genetik, bukan penyakit infeksi dan tidak dapat
 ditularkan memalui kontak fisik ataupun melalui transfusi darah. Sebenrnya albino adalah
 panyakit perpaduan gen resesif pada orang tua dan menjadi gen dominan pada anak mareka
Gen resesif sendiri adalah gen yang tidak muncul pada diri kita sedangkan gen dominan
 adalah gen yang muncul pada diri kita dan menjadi sifat fisik dari kita.

Hilangnya pigmen pada penderita albino meyebabkan mereka menjadi sangat sensitive
 terhadap cahaya matahari sehingga mudah terbakar dan mereka harus melindungi kulit
 mereka dengan menggunakan sunblock.

Albino disebabkan karena mutasi pada salah satu gen yang memberikan instruksi kode
 kimia untuk membuat salah satu dari beberapa protein yang terlibat dalam produksi
 pigmen melanin,melanin dihasilkan oleh sel yang disebut melanosit yang ditemukan 
pada kulit dan mata mutasi gen mungkin menyebabkan tidak ada produksi melnin pada
 semua atau penurunan yang signifikan dalam jumlah melanin.

Ciri-ciri penyakit albino
ü Mempunyai kulit dan rambut abnormal yaitu berwarna putih susu atau putih pucat
ü Memiliki iris merah muda atau biru dengan pupil merah (tidak semua)
ü Hilangnya pigmen melanin pada mata,kulit,dan rambut (atau lebih jarang hanya ada mata)
ü Rabun jauh dan rabun dekat yang sangat ekstrim

Cara mengobati penyakit albino

Penderita harus melindungi mata dan kulitnya dari sinar matahari, hal itu bisa ditempuh dengan
 menggunakan alat pembantu seperti kacamat  pelindung sinar matahari, atau bisa juga dengan
 memakai lotion tabir surya yang sangat efektif untuk melindungi kulit.
Sifat : Resesif
Genotip : 
AA  => Normal
Aa => Normal Carier
aa => Albino 

2. Buta Warna
Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan 
sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu akibat faktor 
genetis.
Buta warna merupakan kelainan genetik / bawaan yang diturunkan dari orang tua
 kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebaut sex linked, karena kelainan ini 
dibawa oleh kromosom X. Artinya kromosom Y tidak membawa faktor buta warna. 
Hal inilah yang membedakan antara penderita buta warna pada laki dan wanita. Seorang
 wanita terdapat istilah ‘pembawa sifat’ hal ini menujukkan ada satu kromosom X yang
 membawa sifat buta warna. Wanita dengan pembawa sifat, secara fisik tidak 
mengalami kelalinan buta warna sebagaimana wanita normal pada umumnya. Tetapi
 wanita dengan pembawa sifat berpotensi menurunkan faktor buta warna kepada 
anaknya kelak. Apabila pada kedua kromosom X mengandung faktor buta warna maka
 seorang wanita tsb menderita buta warna.
Saraf sel di retina terdiri atas sel batang yang peka terhadap hitam dan putih, serta sel 
kerucut yang peka terhadap warna lainnya. Buta warna terjadi ketika syaraf reseptor
 cahaya di retina mengalami perubahan, terutama sel kerucut.
Tanda seorang mengalami buta warna tergandung pada beberapa factor; apakah
 kondisinya disebabkan factor genetik, penyakit, dan tingkat buta warnanya; sebagian 
atau total. Gejala umumnya adalah kesulitan membedakan warna merah dan hijau 
(yang paling sering terjadi), atau kesulitan membedakan warna biru dan hijau (jarang 
ditemukan).Gejala untuk kasus yang lebih serius berupa; objek terlihat dalam bentuk 
bayangan abu-abu (kondisi ini sangat jarang ditemukan), dan penglihatan berkurang.
Sifat : Resesif
Genotipe :
-Pada Laki-laki :
XCY => Normal
XcY => Buta Warna

- Pada Perempuan
XCYC => Normal
XCYc => Normal Carier
XcYc => Buta Warna


3. Polidaktili

Polidaktili adalah suatu kelainanyang diwariskan gen autosomal dominan P, sehingga 
penderita akan mendapatkan tambahan jari pada satu atau dua tangannya dan pada kakinya.
Orang normal biasanya memiliki homozigotik resesif pp. Polidaktili juga dikenal sebagai 
Hyperdaktili, bisa terjadi ditangan atau dikaki manusia ataupun hewan. Tempat jari tambahan 
tersebut berbedabeda ada yang di dekat ibu jari dan ada pula yang berada di dekat jari 
kelingking. Tidak ada gejala untuk penyakit polidaktili ini karena penyakit ini adalah penyakit
bawaan yang diwariskan oleh gen autosomal dominan P. Akan tetapi polodaktili dapat 
menyebabkan masalah fungsi.
Gen polidaktili memiliki pengaruh yang bervariasi terhadap fenotipe. Terkadang menghasil
kan jari tambahan di tangan, kaki, atau keduanya. Polidaktili juga memperlihatkan sifat
penetrasi parsial, terkadang gen tersebut tidak memengaruhi apa-apa dan individu 
dengan gen tersebut tetap memiliki jumlah jari kaki dan tangan yang normal.

Sifat : Dominan
Genotipe :
PP => Polidaktili
Pp => Polidaktili
pp => Normal



4. Botak
Botak adalah seseorang yang tidak memiliki rambut lagi di kepalanya. Walau kebotakan 
dianggap biasa pada kaum lelaki, ternyata hal itu juga dipicu oleh keturunan. Ada gen yang
diturunkan oleh salah satu pihak orangtua atau keduanya yang menyebabkan si anak juga 
menderita kebotakan. Ada juga orang yang menderita kebotakan permanen yang pastinya 
juga disebabkan oleh satu jenis gen yang disebut alopecia androgenetika. Bentuk rambut
sama sekali tidak mempengaruhi timbulnya alopecia androgenetika. Pengobatannya harus
secara medis, tidak ada pengobatan alternatif.
Alopecia Androgenika terjadi pada pria di akhir usia 20-an tahun atau awal umur 
30-an tahun. Rambut akan rontok secara bertahap dimulai dari bagian puncak kepala 
dan depan. Garis rambut menjadi mundur dan dahi menjadi terlihat lebih lebar. Puncak 
kepala menjadi botak.
Dr Angela Christiano, profesor dermatologi dan genetika di ColumbiaUniversity Medical
Center berhasil menemukan gen yang menyebabkan rambut menipis dan bahkan bisa terasa
efeknya saat masih anak-anak. Diketahui gen APCDD1 yang menyebabkan folikel 
rambut sehingga rambut semakin lama semakin menipis dan botak.
Sifat Dominan
Genotipe :
Pada Laki-laki
BB => Botak
Bb => Botak
bb => Normal

Pada Perempuan
BB => Botak
Bb => Normal
bb => Normal



5. Thalasemia
Thalasemia adalah penyakit kelainan darah yang ditandai dengan kondisi sel darah merah
 mudah rusak atau umurnya lebih pendek dari sel darah normal (120 hari). Akibatnya 
penderita thalasemia akan mengalami gejala anemia diantaranya pusing, muka pucat, 
badan sering lemas, sukar tidur, nafsu makan hilang, dan infeksi berulang.
Thalasemia terjadi akibat ketidakmampuan sumsum tulang membentuk protein yang 
dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin sebagaimana mestinya. Hemoglobin 
merupakan protein kaya zat besi yang berada di dalam sel darah merah dan berfungsi 
sangat penting untuk mengangkut oksigen dari paru-paru keseluruh bagian tubuh 
yang membutuhkannya sebagai energi. Apabila produksi hemoglobin berkurang atau
tidak ada, maka pasokan energi yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi tubuh tidak 
dapat terpenuhi, sehingga fungsi tubuh pun terganggu dan tidak mampu lagi menjalankan
aktivitasnya secara normal.Thalasemia adalah sekelompok penyakit keturunan yang 
merupakan akibat dari ketidakseimbangan pembuatan salah satu dari keempat rantai 
asam amino yang membentuk hemoglobin.
Sifat Dominan Lethal
Genotipe :
TT => Thalasemia Mayor (Mati)
Tt => Thalasemia Minor
tt => Normal