Belanjalah di RAStore

Belanjalah di RAStore
Murahnya sampai cocok dijual lagi

Berkarya Boneka Sederhana

Membuat boneka merupakan kegiatan yang menyenangkan dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Kain perca dan bahan-bahan tidak terpakai seperti botol, kardus, kelobot jagug, benang wol, dan cangkang telur dapat dibuat menjadi boneka cantik. Simak dan ikutilah langkah-langkah pembuatan berikut :

     1. Membuat Rancangan Boneka
Rancangan boneka berupa sketsa bentuk boneka yang akan dibuat. Akan lebih baik lagi jika sketsa boneka disertai kete-rangan jenis-jenis bahan yang akan digunakan seperti contoh berikut.


     2. Membuat Boneka Sesuai Rancangan
a.    Siapkan bahan dan alat. Bahan dan alat yang kamu butuh-kan yaitu kain polos, kain perca bermotif, renda, pita, jarum,dan benang jahit, benang wol, gulungan kertas karton, lem,cangkang telur, gulungan kertas manila, dan gunting.
b. Gunting-guntinglah benang wol. Panjang dan banyaknyasesuai keinginanmu. Jadikan satu guntingan-guntingan benang wol tersebut. Ikat tepat di bagian tengahnya.Siapkan juga cangkang telur yang telah dibuang isinya.Olesi bagian atasnya dengan lem. Rekatkan benang wolpada cangkang telur. Bagilah rambut boneka menjadi duakemudian ikat dengan pita. Selanjutnya, lukislah wajahpada permukaan cangkang dengan spidol.

c. Buatlah gulungan kertas berbentuk kerucut terpotongdengan tinggi 20 cm. Sediakan juga tiga potong kain putihpolos yang masing-masing berukuran 20cm×20cm.Buatlah lubang pada ketiga potong kain tersebut tepat ditengah-tengahnya.

d.   Masukkan ketiga potong kain yang telah diberi lubangtersebut pada tabung kertas secara bersusun. Rapikansusunannya kemudian jahitlah sekelilingnya untuk mem-pertahankan bentuk gaun.

e.   Ambil kain dengan jenis bahan atau corak yang berbeda.Lilitkan kain tersebut tepat pada bagian tabung yang belumterlilit kain. Usahakan lilitannya dapat membentuk baju.Rapikan lilitannya, kemudian jahitlah. Untuk mempercan-tik gaun boneka, kamu boleh menambahkan renda ataupita.

f.       Buatlah tabung kecil dengan panjang 24 cm dan diameter ± 0,75 cm. Masukkan tabung tersebut ke dalam lubang bagian bawah kepala boneka. Masukkan dengan hati-hati. Rekatkan tabung kertas tersebut pada dinding tabungkarton yang menjadi badan boneka. Gunakan lem atauselotif.

g.   Langkah selanjutnya membuat tangan boneka. Siapkankertas manila dan kain dengan jenis bahan atau corak yangsama dengan jenis kain untuk baju. Buatlah gambar tangandengan ukuran menyesuaikan boneka. Bungkuslah bentuk tangan dengan kain sehingga mem bentuk lengan bajupanjang. Jahitlah dengan rapi. Jahitkan tangan pada sisisamping boneka. Boneka yang telah jadi dapat digunakansebagai hiasan meja.

More :

0 comments:

Post a Comment