Belanjalah di RAStore

Belanjalah di RAStore
Murahnya sampai cocok dijual lagi

Cara Menentukan Bilangan Kuantum dengan Mudah dan Cepat


Mungkin anda yang masih belum faham dan mengerti tentang Cara Menentukan Bilangan Kuantum Utama (n), cara Menentukan Bilangan Kuantum Azimuth (l), cara Menentukan Bilangan Kuantum Magnetik (m), dan cara Menentukan Bilangan Kuantum Spin (s). Disini saya akan mengajari anda. 

Sebelum anda memahami bab ini, anda harus faham Tentang Aturan Konfigurasi Elektron : Prinsip Aufbau, Aturan Hund, dan Larangan Pauli.

Disini saya beri 1 contoh soal, agar lebih mudah dimengerti

Soal :
17Cl 

Cari Konfigurasinya terlebih Dahulu
17Cl = 1s2 2s2 2p6 3s2 3p5
Karena keempat bilangan kuantum itu ditentukan dari konfigurasi elektron yang paling terakhir, maka kita ambil konfigurasi yang terakhir yaitu 3p5
Maka :
(n) = 3
"hah? kenapa bisa 3 sih?"
Iya, gini, gampangannya 3p5 itu kan ada angka 3 (yang berwarna merah) yang di paling depan itu, ambil aja dari situ.
"klo, 2p6 , berarti B.K. utamanya 2 donk?
"Ya, bener banget"
"klo 4s2 , n = 4 ?
"Iya, pinter.." :)
(l) = 1

"kenapa 1?"
Karena konfigurasinya 3p5 di blok p, maka bilangan kuantum azimuth   l = 1 (Jika berakhir di sub kulit s=0, l=1, d=2, f=3, dst..)
"klo, 2d6 , berarti B.K azimuthnya 2 dong?"
"Sip, bener banget..!!"

(m) = 0

"??????"
3p5
= 0 (sub kulit s), harga m =   0 (mempunyai 1 orbital)
= 1 (sub kulit p), harga m = -1, O, +1 (mempunyai 3 orbital)
l = 2 (sub kulit d), harga m = -2, -1, O, +1, +2 (mempunyai 5 orbital)
l = 3 (sub kwit f) , harga m = -3, -2, O, +1, +2, +3 (mempunyai 7 orbital)

karena disitu p maka ada 3 orbital, berarti ada 3 kotak.
karena disitu 5 (3p5) , maka panah ada 5 buah





jadi isilah dengan panah keatas atau kebawah. dengan cara mengisi panah ke atas terlebih dahulu sampai penuh, lalu dilanjutkan dengan mengisi panah arah bawah.

maka, Hasilnya :



karena pengisian terakhir di angka 0, maka m=0

(s) = 

karena pengisian terakhir arah panahnya ke bawah maka 
s = 

Semoga anda bisa mengerti, 
"Jika anda puas, silahkan beritahu teman anda"
"Jika anda kurang puas, silahkan beritahu saya"



123 comments:

  1. iya sama-sama..
    aku juga masih kelas 2 sma ipa

    ReplyDelete
  2. aduhh mbak Rennaaaaa, Thanks beraaattt atas penjelasannya, baru dapat tugas yg gnian dosennya ngajarin gak lengkap, berkat mbak jadi jelas deh smua.....
    Love your article so much :D

    ReplyDelete
  3. Kalau unsur yang nomor atomnya lebih dari 30 itu kalau misal : 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d7 yang dipakai buat menentukan bil kuantum yang 3d7 atau 4s2 ? terimakasih.

    ReplyDelete
  4. minta tolong jelasin kenapa p kotak nya cuma 3, kenapa tidak 6,7,atau 8?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tau sejarahnya apa
      itu sudah aturan

      Delete
    2. karena p, jumlah orbitalnya 3 jdi kotaknya 3

      Delete
  5. alhamdulillah , bener2 bantu bray!
    syukron!!!

    ReplyDelete
  6. makasih banyak ya
    sangat membantu :)
    izin copas ya buat belajar

    ReplyDelete
  7. tjakep nih! thank you.

    ReplyDelete
  8. tolong beritau dong gimna cara konfigurasinya itu,soalnya yang aq tau cuma menggunakan aturan duplet dan oktet tu,misalkan 17Cl=2,8,7..,tapi yang kayak di atas q gak ngerti

    ReplyDelete
  9. AAAAA, MAKASIH BANYAAAAK!! >,<
    Blog2 lain bahasanya terlalu kaku (?), jadi sulit untuk dimengerti oleh otakku yang lolot ini. Tapi blog ini beda! selesai baca aku jadi langsung ngerti lho...
    thanks ya kaka, infonya sangat bermanfaat:)

    ReplyDelete
  10. ka Rena , bgaimana cara mencari bilangan kuantum magnetik dari sub kulit 3d?

    ReplyDelete
  11. sangat mudah dimengerti & membantu sekali. terimakasih banyak kaak :D

    ReplyDelete
  12. wow, thanks, ini membantu banget !!!!! :D

    ReplyDelete
  13. hahahahahaha admin jago bener ane dijelasin di sekolah ga ngerti eh malah baca disini langsung ngerti maksaih banget cocok jadi guru

    ReplyDelete
  14. Makasih gan, di sekolah ane ketinggalan pelajaran ini, karena ada artikel agan jadi saya nggak ketinggalan pelajaran, thanks gan ^_^

    ReplyDelete
  15. keren.... artikelnya bahasanya bersahabat .. gak kaku kaya artikel lain...
    makasih mbk..

    ReplyDelete
  16. makasih ya, gara" ini jadi ngerti akhirnya:D

    ReplyDelete
  17. Terimakasih, sekarang saya jadi mengerti. (y)

    ReplyDelete
  18. alhamdulillah ngingetin lagii, thanks a lot ;)

    ReplyDelete
  19. Allhamdulillah. Maksih bnyk ya, walaupun singkat jlsin ny tp langsung ngerti

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah.. aku bingung ngajarin anakku kimia.. trimakasih yaa jd lebih jelas skrng

    ReplyDelete
  21. trima kasih sangat membantu , itu gampangnya dicari elektron terluar kan? bkn elektron valensinya?

    ReplyDelete
  22. Makasih banget, sangat berguna loo :*

    ReplyDelete
  23. Makasih banget, sangat berguna loo :*

    ReplyDelete
  24. Terima kasih sekali mas penjelasannya, sngat mmbntu

    ReplyDelete
  25. artikel mbak sangat membantu, terima kasih ya mbak renaa
    saya mau bertanya juga nihh kalo mencari bilangan kuantum dari unsur 8O2- gimana caranya mbak?

    ReplyDelete
  26. Penjelasannya bagus banget, saya suka

    ReplyDelete
  27. Ini keren banget jelasinnya. udh ngerti skrng saya

    ReplyDelete
  28. big thx bnget lngsung inget mteri klas X. prepare buat TO

    ReplyDelete
  29. Ada yang salah tuh yg L = 3, itu jadinya -3,-2,-1,0,+1,+2,+3

    ReplyDelete
  30. Ada yang salah tuh yg L = 3, itu jadinya -3,-2,-1,0,+1,+2,+3

    ReplyDelete
  31. Keren banget penjelasannya, saya jadi langsung ngerti, emang cocok jadi guru

    ReplyDelete
  32. Keren banget penjelasannya, saya jadi langsung ngerti, emang cocok jadi guru

    ReplyDelete
  33. Gilaa lgsung paham..mksih ya kak smg dikasih berkah yg setimpal atas ilmu mu ini

    ReplyDelete
  34. Berarti pengisian terakhir kenapa tidak +1?

    ReplyDelete
  35. Penjelasannya bagus to the point. Inilah yang saya cari

    ReplyDelete
  36. Makasih infonya~
    Gampang dimengerti~

    ReplyDelete
  37. Gampang sekali demengerti,web pendidikan yang lain butuh seperti ini nih xD

    ReplyDelete
  38. Terimakasih, penjelasannya mudah dimengerti.Semoga sukses

    ReplyDelete
  39. Makasih gan, ngebantu banget buat belajar :D

    ReplyDelete
  40. makasih banget, langsung paham bacanya yuhuy

    ReplyDelete
  41. Terimakasih, gan. Jadi langsung paham saya.

    ReplyDelete
  42. Alhamdulillah ngerti, jadi guru cocok nih hahaha😁

    ReplyDelete
  43. Alhamdulillah ngerti, jadi guru cocok nih hahaha😁

    ReplyDelete
  44. udah paham banget, mudah masuk otak. coba jadi guru kimia di sekolah ku. heheee

    ReplyDelete
  45. Terima kasih, sampe taun ini pun cara nya sangat membantu

    ReplyDelete
  46. Bagus banget penjelasan nya. Jadi langsung ngerti.

    ReplyDelete
  47. Bagus banget penjelasan nya. Jadi langsung ngerti.

    ReplyDelete
  48. Mba mau nanya kalau m nya -3 nentuin s itu gimana?

    ReplyDelete
  49. Mksi mbak. Lupa caranya kemaren d jelasin buk guru. Tp inget lagi krn buka blog ini. Trs mudah paham krn ngejelasinny cara sederhana. Malah biasany klo kita ngejelasin lewat tulisan agak susah drps ngomong langsung.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚mksi mbk sy skrg dh paham

    ReplyDelete
  50. Ka mau nanya, nentuin 1s2, 2s2, 2p6, dst nya tu darimana ya ka? Saya baru kelas 1 sma, belum paham jalan konfigurasi nya kak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalan konfigurasinya menurut aturan Aufbau

      Delete
  51. Thank you very much !!! Very very much !!!

    ReplyDelete
  52. Makasiiihh bangeettt masss akhirnya mudengggg, top buat artikel ini πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  53. Muaaakaaasiiiihhh mbaaakk πŸ˜‚
    Barusan blajar ginian kga ngarti2. Ehh nemu ni artikel jd gmpang di pahamin. πŸ˜†

    Syukron jiddan mbak πŸ‘

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  55. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  56. Makasih kak ilmunya, alhamdulillah langsung ngerti

    ReplyDelete
  57. Makasih kak ilmunya, alhamdulillah langsung ngerti

    ReplyDelete
  58. Makasih kak
    Cara kakak njelasinya aku suka:)

    ReplyDelete
  59. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  60. jika diketahui l=2 m=0 s=1/2, lalu ditanya n nya berapa, gmn cara jwabnya? sedangkan tidak diberitahu nomor atomnya

    ReplyDelete
  61. Makasi kak, aku dong banget, 😍

    ReplyDelete
  62. Alhamdulillah makasih banget kak, sekarang saya faham^^

    ReplyDelete
  63. Mencari Spin tanda panahnya dimulai dari negatif 1 atau 0 setelah itu jika sudah di positif satu tanda nya balik ke mana lagi balik ke negatif 1 atau 0?

    ReplyDelete
  64. Wah, makasih banyak kak, alhamdulillah insyaallah langsung ngerti :)

    ReplyDelete
  65. Waahhhh aku ngerti banget!!! Makasihh kakk

    ReplyDelete
  66. Makasih ilmunya...semoga menjadi berkat yah ,kak :D

    ReplyDelete
  67. Terimakasih ilmunya, semoga di balas tuhan dengan kebaikan, Aamiin.

    ReplyDelete
  68. Aku kelas 2 smp. Masih belum ngerti atuh kakak

    ReplyDelete