Cara Menentukan Bilangan Kuantum dengan Mudah dan Cepat


Mungkin anda yang masih belum faham dan mengerti tentang Cara Menentukan Bilangan Kuantum Utama (n), cara Menentukan Bilangan Kuantum Azimuth (l), cara Menentukan Bilangan Kuantum Magnetik (m), dan cara Menentukan Bilangan Kuantum Spin (s). Disini saya akan mengajari anda. 

Sebelum anda memahami bab ini, anda harus faham Tentang Aturan Konfigurasi Elektron : Prinsip Aufbau, Aturan Hund, dan Larangan Pauli.

Disini saya beri 1 contoh soal, agar lebih mudah dimengerti

Soal :
17Cl 

Cari Konfigurasinya terlebih Dahulu
17Cl = 1s2 2s2 2p6 3s2 3p5
Karena keempat bilangan kuantum itu ditentukan dari konfigurasi elektron yang paling terakhir, maka kita ambil konfigurasi yang terakhir yaitu 3p5
Maka :
(n) = 3
"hah? kenapa bisa 3 sih?"
Iya, gini, gampangannya 3p5 itu kan ada angka 3 (yang berwarna merah) yang di paling depan itu, ambil aja dari situ.
"klo, 2p6 , berarti B.K. utamanya 2 donk?
"Ya, bener banget"
"klo 4s2 , n = 4 ?
"Iya, pinter.." :)
(l) = 1

"kenapa 1?"
Karena konfigurasinya 3p5 di blok p, maka bilangan kuantum azimuth   l = 1 (Jika berakhir di sub kulit s=0, l=1, d=2, f=3, dst..)
"klo, 2d6 , berarti B.K azimuthnya 2 dong?"
"Sip, bener banget..!!"

(m) = 0

"??????"
3p5
= 0 (sub kulit s), harga m =   0 (mempunyai 1 orbital)
= 1 (sub kulit p), harga m = -1, O, +1 (mempunyai 3 orbital)
l = 2 (sub kulit d), harga m = -2, -1, O, +1, +2 (mempunyai 5 orbital)
l = 3 (sub kwit f) , harga m = -3, -2, O, +1, +2, +3 (mempunyai 7 orbital)

karena disitu p maka ada 3 orbital, berarti ada 3 kotak.
karena disitu 5 (3p5) , maka panah ada 5 buah





jadi isilah dengan panah keatas atau kebawah. dengan cara mengisi panah ke atas terlebih dahulu sampai penuh, lalu dilanjutkan dengan mengisi panah arah bawah.

maka, Hasilnya :



karena pengisian terakhir di angka 0, maka m=0

(s) = 

karena pengisian terakhir arah panahnya ke bawah maka 
s = 

Semoga anda bisa mengerti, 
"Jika anda puas, silahkan beritahu teman anda"
"Jika anda kurang puas, silahkan beritahu saya"



26 comments:

  1. iya sama-sama..
    aku juga masih kelas 2 sma ipa

    ReplyDelete
  2. aduhh mbak Rennaaaaa, Thanks beraaattt atas penjelasannya, baru dapat tugas yg gnian dosennya ngajarin gak lengkap, berkat mbak jadi jelas deh smua.....
    Love your article so much :D

    ReplyDelete
  3. Kalau unsur yang nomor atomnya lebih dari 30 itu kalau misal : 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d7 yang dipakai buat menentukan bil kuantum yang 3d7 atau 4s2 ? terimakasih.

    ReplyDelete
  4. minta tolong jelasin kenapa p kotak nya cuma 3, kenapa tidak 6,7,atau 8?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tau sejarahnya apa
      itu sudah aturan

      Delete
  5. alhamdulillah , bener2 bantu bray!
    syukron!!!

    ReplyDelete
  6. makasih banyak ya
    sangat membantu :)
    izin copas ya buat belajar

    ReplyDelete
  7. tolong beritau dong gimna cara konfigurasinya itu,soalnya yang aq tau cuma menggunakan aturan duplet dan oktet tu,misalkan 17Cl=2,8,7..,tapi yang kayak di atas q gak ngerti

    ReplyDelete
  8. AAAAA, MAKASIH BANYAAAAK!! >,<
    Blog2 lain bahasanya terlalu kaku (?), jadi sulit untuk dimengerti oleh otakku yang lolot ini. Tapi blog ini beda! selesai baca aku jadi langsung ngerti lho...
    thanks ya kaka, infonya sangat bermanfaat:)

    ReplyDelete
  9. ka Rena , bgaimana cara mencari bilangan kuantum magnetik dari sub kulit 3d?

    ReplyDelete
  10. sangat mudah dimengerti & membantu sekali. terimakasih banyak kaak :D

    ReplyDelete
  11. wow, thanks, ini membantu banget !!!!! :D

    ReplyDelete
  12. hahahahahaha admin jago bener ane dijelasin di sekolah ga ngerti eh malah baca disini langsung ngerti maksaih banget cocok jadi guru

    ReplyDelete
  13. Makasih gan, di sekolah ane ketinggalan pelajaran ini, karena ada artikel agan jadi saya nggak ketinggalan pelajaran, thanks gan ^_^

    ReplyDelete