Belanjalah di RAStore

Belanjalah di RAStore
Murahnya sampai cocok dijual lagi

Perjuangan Masuk PTN Part 1

http://cdn-media.viva.co.id/thumbs2/2013/06/04/36858-0_663_382.jpg 

Hai kalian semua. Thanks udah mampir ke blog gue. Eh, by the way kalian ngapain ya masuk ke blog gue. Nemuin judul blog yang kagak jelas ini. hehe.
Aku mau curhat nih, hix hix hix :'( . Kalian pasti mau kan dengerin cerita gue. Bukan dengerin juga sih namanya. -_- . Ah tau ah. Gue gak bisa nulis yang bagus kayak gimana. Gue disini bukan mau nulis, tapi pengen cerita tentang kegagalan-kegagalan gue, dan kesuksesan gue tentang masuk PTN. Yang jelas kalian mampir ke blog ini, tentunya mau ngebaca tentang kisah perjuangan gue. Iya bener ngebaca, bukan ngedengerin. Yeeeee
Sorry lebay.

Jadi gini. Bla... bla.. bla.... Paham kan?
Apaan sih, gak jelas. SERIUS dong ren.
Oh iya. Belum kenalan. Pakek kenalan gak sih? Yang pengen kenalan ke sini
(yang kenalan, pasti tau gue sekarang ngampus dimana), yang gak pengen ya, tetep di sini aja. Ngelanjutin bacanya.
Beres kan??

Gak usah basah-basah deh, eh maksudnya basa-basi. Langsung saja. Gue urutin perjuangan-perjuangan gue. Singkat aja yah.

1. SNMPTN Jalur Undangan
Pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan ini, pada tanggal 17 Februari - 31 Maret 2014. Lah, yang dinilai dari SNMPTN jalur undangan ini adalah 60% nilai rapot, dan 40% nilai Ujian Nasional. Dari kelas X-XII, lumayan masuk peringkat 3 besar di kelas (bukan paralel lo ya). Nilai Ujian Nasional, bisa dibilang jelek yaitu (kasih tau gak ya?) 48,10 (kasih tau deh akhirnya). Guru BK di SMA gue, termasuk aktif lah. Ngasih tau dan ngebantuin proses pendaftarannya. Di sini gue udah mulai bingung, harus milih prodi apa dan dimana. Orang tua gue, nyaranin gue untuk daftar di Kedokteran. Gue stress dong saat itu. Dengan nilai gue yang gak pantes daftar kesitu. So, akhirnya gue daftar sesuai pilihan gue sendiri dan Ortu. 
Apa itu? Pilihan pertama, Teknik multimedia dan jaringan ITS. Kedua, Teknik Mesin ITS (Ini ortu yang milihin). Ketiga, Teknobiomedik Unair. Gimana dengan hasilnya? Sebelumnya, aku pengen cerita sesuatu dulu.
Jadi gini, dari kelas 1 sampai kelas 2, aku didaftarin ortuku untuk ikut bimbel Primagama. Dan kelas 3 nya aku pindah ke Ganesha Operation. Bukan promosi sih atau pamer. Dan tentunya itu udah ngeluarin biaya banyak. (Udah sih, itu aja)
Lanjut. Tanggal 27 Mei diumumin hasilnya. Ya ituuu, Gue GAGAL coy. Rasanya sakit gak? Biasa ajah sih. Karena sebelumnya aku udah mimpi 2x kalau gue, gak lolos snmptn. Dan aku berfikir masih ada SBMPTN. Semangatt!!! \(´▽`)/

2. AMG (Akademi Meteorologi dan Geofisika)
Sebenarnya, penguguman AMG ini sebelum SNMPTN. 
Apa sih AMG itu? AMG itu sekolah kedinasan. Jadi free. Alias kuliah tanpa biaya. Gratis. Tanggal 9 Mei 2014, gue ikut Ujian dianter sama Ayah, dari Lamongan ke Surabaya naik mobil. Lupa gue di mana lokasi ujiannya. Hehe. Materinya sebenarnya mudah sih, TKD (Tes Kemampuan Dasar). Ngerjainnya pake komputer, nama kerennya CAT. Ada tes karakteristik kepribadian, Intelegensi Umum, dan Wawasan Kebangsaan. Disini udah langsung ngeliat hasilnya. Dan hasilnya ya ituu, GAGAL. Kenapa? Nilai gue kurang di wawasan kebangsaan. Maklum lah, anak IPA. Gue gak begitu suka sama pasal-pasal. Banyak pelajaran PKN. Udah terbukti kalau gue gak cinta negara. Huuu. Jadi jawabnya ngawur. Kecewa. ( ⌣ ́_ ⌣ ̀)

3. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)
Siapa sih yang gak pengen masuk STIS? Ya emang ada sih yang gak pengen. Oke ganti pertanyaan lagi. Siapa sih yang gak pengen kuliah gratis, terus dapet uang saku perbulannya 800ribu, terus jadi PNS dengan gaji gede? Wah, pasti banyak yang pengen tuh. Ya itulah STIS. Tapi masuknya susah banget. harus mengalahkan ratusan ribu pesaing di seluruh Indonesia. Gue daftar di sini. Tanggal Ujiannya tanggal 10 Mei, jadi setelah tes AMG. Gue nginep di rumah saudara gue di Surabaya. Lokasi ujiannya di Universitas Bhayangkara Surabaya. Disini aku ketemu banyak sama anak-anak GO. Gue semangat di sini. Persiapanku udah lumayan matang. Dengan bekal buku USM STIS 2014. Bukunya dibeliin sama ayahku di BPS Surabaya. Bangga banget punya ayah seperti ayahku ini. :). 
Tesnya lumayan mudah. Ada tes Matematika, pengetahuan umum, dan bahasa Inggris. Tapi yang susah bahasa inggrisnya. hehe. Aku lemah di bahasa Inggris. So? Gagal deh. -_-. Argh. Begitu bodohnya gue. Ngecewain banget. Oke rena. Aku masih berharap di SBMPTN.

4. Ujian Mandiri UA (Universitas Airlangga)
Di sini bisa dibilang ngeri. Kenapa ngeri? Karena aku didaftarin sama Ayah gue, Pilihan pertama Pendidikan dokter, dan yang kedua Farmasi. Hahhh. Jelas jelas gue udah pesimis banget. Lokasi ujiannnya di Unair Surabaya. Ke sana naik motor, tentu aja dianter sama ayah gue. Berangkatnya habis subuh. Di perjalanan, gue gila. Gila banget. Masak gue minta doa sama jin. Hah?? Iya, jadi setiap kali aku lewat makam, aku mengucap salam "Assalamualaikum yaahlalkubur". Terus aku berbisik "Jin, doain yah, aku mau tes nih". Gimana gak gila cobak. Aneh deh gue saat itu. Astagfirullahaladzim.
Lupain soal Jin. Setelah nyampek Unair, gue masuk di kampus B, tepatnya di Fakultas Ilmu Budaya. Gue perhatiin orang-orang disekitar gue, huu pada keren pakaiannya, dan tampang-tampangnya, dengan gaya orang kaya. Bukan kaya monyet lo ya. Tapi orang kaya, orang mampu. Iyalah, di sini kalau masuk lewat mandiri unair, bayar semesterannya gede. 
Pengawasnya udah masuk tuh. Gue dengan otak pas-pasan, memasuki ruangan. Soalnya TPA, Mtk, Fisika, Kimia, Biologi, dan Bahasa Inggris. Dan tidak boleh dibawa pulang soalnya. Soalnya susah banget. Tapi tidak ada pengurangan nilai. Dan waktunya cuman sedikit. Jadi, raba-raba deh ngerjainnya, asal ngejawab ajah, yang penting penuh. 
Gimana hasilnya? Ya ituu, Gagal. Hah, anak apaan gue ini, ngabisin duit orangtua aja.

5. SBMPTN Jalur Tulis
Jeng. Jeng. Jeng. Ini dia yang gue tunggu-tunggu. Rumit banget gue di sini. Tau gak sih, disini gue daftar SBMPTN sampai 3 kali. Jadi bayarnya juga 3 kali. Karena di sini, gue eyel2an sama orangtua gue. Orangtua gue, pengen gue jadi dokter. Sedangkan gue gak minat buat ke sana.
Pendaftaran pertama : 
1. Pendidikan dokter - Universitas Jember
2. Pendidikan dokter - Universitas Jenderal Soedirman
3. Teknik bioproses - Universitas Brawijaya
Pendaftaran Kedua : (Agak lupa, kurang lebih seperti ini)
1. Pendidikan dokter - Universitas Jember
2. Farmasi - Universitas Jenderal Soedirman
3. Teknik bioproses - Universitas Brawijaya
Pendaftaran Ketiga :
1. Teknobiomedik - Universitas Airlangga
2. Kedokteran hewan - Universitas Airlangga
3. Teknik bioproses - Universitas Brawijaya
Untuk memilihnya saja, aku sampek gak belajar. Bingung banget. Gak bisa tidur. STRES. Aku selalu mantengin passing grade GO. Lalu fix di pilihan ketiga. Gak tau ini salahku apa salah orangtuaku. Yang jelas, ini salahku.

Oke, oke. Aku berangkat ke Surabaya sama ayah. Cari kos-kosan buat sehari. Dan ayah nemu Home guest. Mirip hotel. Bayarnya mahal cuy. 165.000 buat semalem. Tapi fasilitas lengkap. Ada wifi, Tv, Ac, Kamar tidur nyaman, Kamar mandi good, Snack, makan, pokoknya enak buat sendirian. Iya sendirian. Jadi gue kesepian. No problem sih.
Besoknya gue berangkat ke SMAN 16 Surabaya jalan kaki. Hujan bro. Gue basah saat itu. Dan banyak anak yang telat. Pas istirahat, gue makan Sari Roti. Dan ketika udah habis setengah, baru gue lihat tanggal kadaluarsanya. Gue kaget ː̗̀(☉,☉)ː̖́ . Udah kadaluarsa temann. Tanggal kemaren kadaluarsanya. Huwaa. Jadi gak selera makan. Tapi tetep gue terusin sih. Laperrrr.
Lanjut gue kerjain soal-soalnya. Haa ada yang susah ada yang gampang. Gue kerjain dengan pede. Dan pulang sendirian naik bis. Dan itu pertama kali gue naik bis sendirian. Hiks hiks :'(
Dan hasilnya gimana renn??? GAGAL. 
Arghh,, ini sakit bangettt. Gue nangis semalaman. Gue anak apaan sih. Gak tau diri. Bodoh bangettt. Ngecewain orangtua mulu. Huwaaa, untung gue gak bunuh diri. Masak gue udah ikut bimbel setengah rajin setengah enggak, kagak lolos sihhh. Aaaaaaaaaaa.

6. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)
Ini juga sekolah kedinasan. Sama seperti AMG dan STIS. Sekolahnya pun Gratis, tis. Disini aku beli buku online. Harganya 50.000 + ongkir. Lagi-lagi minta duit ortu. Gue jarang belajar di sini. Gue hanya ngerjain soal prediksi doang. Karena saat itu, gue capek. Bimbel sampai malam. Jarak rumah ke bimbel sekitar 13 km. Jauh dan melelahkan. Jadi rada males. hehe.Tapi setelah bimbel udah selesai, aku mulai fokus belajar STAN. Tapi tetep aja males. Di rumah gak bisa belajar tenang. Gak setenang di tempat bimbel. Tapi mau gimana lagi, untuk ngebahagian orangtua, harus berjuang.
Saat itu, lokasinya di Asrama Haji Surabaya. Jarak rumah gue ke Surabaya itu sekitar 60kman lah. Saat itu udah bulan puasa. Jadi ujian pas puasa deh. Habis subuh langsung berangkat. Dianter ayah. Nyampek lokasi, kebelet BAB. Jadi, sebelum ujian BAB dulu deh. hehe. Tau kan BAB apaan??
Mudah sih soalnya. Ada TPA dan bahasa Inggris. Lemah di bahasa Inggris nih. Tapi aku pede ngejawabnya dan udah yakin sih. Ada nilai matinya lo disini. Jadi harus bener 1/3 nya. Waktunya juga cepet. Jadi, kalau gak bisa langsung beralih ke soal selanjutnya aja.
Kalau masalah lolos atau enggaknya. Jawabannya enggak lolos. Wah, Kacau hati guee. Bener-bener anak gak tau diri nih gue. Bodoh banget diriku. Huuu sakit.

Yang penasaran nunggu kisah selanjutnya =>
Yang gak penasaran, silahkan penasaran. :D

0 comments:

Post a Comment